BISA Indonesia Galang “Donasi buku Berbagi ilmu” melalui gerakan Pojok Pustaka

Pojok pustaka “One Communiy One Library”

merupakan salah satu kegiatan yang diilhami dari pentingnya pendidikan dalam menopang pengembangan diri dalam segala bidang penghidupan, dalam memilih dan membina hidup yang baik, yang sesuai dengan martabat manusia. Pendidikan  merupakan pondasi yang sangat penting dalam pembangunan Sumber Daya Manusia yang kuat dan berkualitas dalam usaha membangun bangsa yang maju. Pendidikan tidak terbatas pada belajar formal dalam ruangan seperti halnya sekolah, tetapi dapat dilakukan dimanapaun dan kapanpun. Makna pendidikan yang digenelarisir menjadi sekolah menjadi penyekat peningkatan kualitas SDM khususnya didaerah-daerah yang masih kesulitan dalam menemukan sekolah atau terkendala fasilitas sekolah yang belum memadai.

Menurut survei UNESCO pada tahun 2015, minat baca penduduk Indonesia hanya 0,001 persen. Dengan kata lain, di setiap 1.000 penduduk, hanya satu yang senang membaca.

Salah satu penyokong pendidikan yang paling sederhana adalah membaca. Dengan membaca kita bisa belajar dimanapun dan kapanpun bahkan tidak harus dalam lingkungan formal seperti sekolah. Dengan membaca kita dapat mengenal apapun yang ada di dunia. Akan tetapi kegiatan yang sangat sederhana ini (membaca) masih kurangnya diminati masyarakat di Indonesia. Kurangnya minat baca ini bisa dikarenakan memang tidak terbiasa suka membaca atau memang tidak ada/ kurangnya buku yang tersedia. Menurut survei UNESCO pada tahun 2015, minat baca penduduk Indonesia hanya 0,001 persen. Dengan kata lain, di setiap 1.000 penduduk, hanya satu yang senang membaca. Tentu saja hal ini sangat mempengaruhi kualitas SDM yang dimiliki Indonesia, yang dapat berakibat kurangnya pengembangan bangsa kearah yang benar dan berkualitas.

Oleh karena itu kegiatan Pojok Pustaka ini akan fokus kepada dua kegiatan utama yaitu:

  1. Kampanye dalam rangka peningkatan minat baca baik melalui event maupun media-media online. Kampanye melalui media online dapat diikuti di website (bisaindonesia.com) dan portal media sosial BISA Indonesia (IG: @bisa_ina, Twitter: @Bisa_ID, Facebook: @bisaindonesia1, Goggle: BISA INDONESIA SOCIETY).
  2. Mendukung tersedianya buku dan ruang baca bagi komunitas-komunitas yang masih kesulitan dalam menyediakan bacaaan di lingkungannya. Kegiatan ini juga tidak terbatas pada komunitas anak-anak saja, melainkan untuk segala usia. Dengan semangat ONE COMMUNITY, ONE LIBRARY (satu komunitas, satu perpustakaan).

Ketersediaan buku dan ruang baca ini dilakukan secara sistematis dan terkoordinir melalui kegiatan pengumpulan dana, pengadaan barang, survey dan penilaian penentuan komunitas penerima, sampai dengan penyaluran barang dan pendampingan untuk memastikan pengelolaan perpustakaan bisa dilakukan komunitas secara mandiri.

Mekanisme distribusi buku dan ruang baca akan dilakukan berdasarkan paket standard yang sudah ditentukan meliputi adanya komunitas terpilih setelah dilakukan survey dan penilaian oleh BISA Indonesia. Komunitas bisa ditunjuk oleh BISA Indonesia di lokasi-lokasi yang memang membutuhkan buku dan ruang baca, ataupun komunitas-komunitas yang mengusulkan komunitasnya kepada BISA Indonesia.

Paket perpustakaan yang akan didistribusikan oleh BISA Indonesia berdasarkan dengan standard paket yang berisi diantaranya buku, sarana menyimpan buku (rak buku atau lemari buku) yang disesuaikan dengan kondisi calon perpustakaan, sarana membaca yang berupa meja, sarana pengelolaan/ manajemen perpustakan, dan pendampingan selama minimal 12 kali pendampingan untuk memastikan komunitas bisa mandiri mengelola perpustakaannya.

Pojok Pustaka akanmendukung tersedianya buku dan ruang baca bagi komunitas-komunitas yang masih kesulitan dalam menyediakan bacaaan di lingkungannya. Kegiatan ini juga tidak terbatas pada komunitas anak-anak saja, melainkan untuk segala usia. Dengan semangat ONE COMMUNITY, ONE LIBRARY

Sampai dengan akhir tahun 2019, BISA Indonesia menargetkan 10 paket perpustakaan terkumpul dan terdistribusi kepada 10 komunitas pojok pustaka di Yogyakarta dan sekitarnya dengan nilai uang setara dengan Rp. 90.000.000 (per paket perpustakaan Rp. 9.000.000).

Untuk lebih detailnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini:

 

Skema pengadaan perpustakaan untuk komunitas


CARA DONASI

Sahabat yang baik ingin ikut berdonasi dan berbagi kesempatan membaca kepada saudara-saudara kita?? Sahabat bisa berpartisipasi dengan mudah melalui 3 cara berikut:

  • Transfer melalui rekening BISA Indonesia

Atas nama : Perkumpulan BISA Indonesia

Nomor rekening: 137-00-1413822-2

Cabang : Wates

*Dengan kode unik 123 pada 3 digit terakhir nominal. Misalnya Rp. 10.123,-

  • Donasi melalui kitabisa.com

 

 

https://kitabisa.com/pojokpustaka (klik disini)

  • Donasi langsung ke kantor BISA Indonesia

BISA INDONESIA

Alamat :

Gondang Legi, RT.01/RW.13, Sariharjo, Ngaglik,

Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Kode Pos 55581

Telepon: 0274-2883736

Narahubung : 0857 281 956 21

E-mail    : info.bisaina@gmail.com


Keterangan lebih lanjut tentang kegiatan dapat sahabat kunjungi di page pojok pustaka atau klik disini

Keterangan lebih lanjut tentang cara donasi dapat sahabat kunjungi di sub-page pojok pustaka atau klik disini

RSS
Follow by Email
Facebook
Google+
https://bisaindonesia.com/2018/11/02/bisa-indonesia-galang-donasi-buku-berbagi-ilmu-melalui-gerakan-pojok-pustaka/
Twitter
Pinterest
LinkedIn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Translate »