Awareness Campaigns

Berbagai permasalahan sosial dan lingkungan yang mengepung keseharian kita menunjukkan bahwa partisipasi aktif masyarakat wajib digalakkan, guna mewujudkan hubungan yang harmonis antara manusia dan alam. BISA Indonesia bermisi untuk menjadi motor gerakan pelestarian alam melalui cara-cara yang inovatif sesuai dengan kemajuan perkembangan zaman, namun dengan tetap menghormati kearifan lokal.
Awareness Campaigns

Kampanye penyadartahuan adalah pendekatan yang mencakup tindakan yang mempromosikan kesadaran untuk kondisi yang berubah di bawah perubahan iklim dan adaptasi. Namun, tidak semua pemangku kepentingan mengetahui  tentang kerentanan mereka yang dapat mereka ambil untuk beradaptasi terhadap perubahan iklim. Karena itu peningkatan kesadaran merupakan komponen penting dari proses adaptasi untuk mengelola dampak perubahan iklim, meningkatkan kapasitas adaptif, dan mengurangi kerentanan secara keseluruhan.

Meskipun peningkatan kesadaran sering dianggap penting pada tahap pertama proses adaptasi, hasil riset menunjukkan bahwa tingkat kesadaran berfluktuasi melalui waktu di bawah pengaruh variabel eksternal. Oleh karena itu, meningkatkan kesadaran tidak hanya penting pada tahap pertama proses tetapi juga merupakan bagian integral dari proses untuk mempertahankan dan meningkatkan tingkat kesadaran umum.

Kampanye penyadaran dapat ditujukan kepada kelompok-kelompok orang di suatu wilayah yang dipengaruhi oleh ancaman iklim tertentu, kelompok pemangku kepentingan, masyarakat umum, dll. Tujuan akhir dari kampanye semacam itu adalah untuk mencapai perubahan perilaku jangka panjang yang bertahan lama. Peningkatan kesadaran membahas pengetahuan individu dan organisasi. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa semua badan regional dan sub-regional yang relevan memahami dampak dari, dan mengambil tindakan untuk menanggapi dampak iklim tertentu. Namun mereka juga dapat fokus pada dampak tertentu yang dianggap sebagai yang paling luar biasa.

Kampanye semacam itu sebagian besar dianggap efektif jika beberapa cara komunikasi dilayani: penyebaran materi cetak; organisasi pertemuan dan pelatihan publik; konsultasi profesional; komunikasi dan informasi melalui media sosial dan massa; menggunakan jaringan informal untuk penyebaran informasi. Ini dapat dikombinasikan dengan pembentukan tim perlindungan diri komunitas yang mempromosikan kemandirian di antara penghuni dan bisnis untuk meminimalkan risiko keselamatan pribadi dan kerusakan properti.

Kesadaran publik sangat penting untuk meningkatkan antusiasme dan dukungan, merangsang mobilisasi dan aksi diri, dan memobilisasi pengetahuan dan sumber daya lokal. Meningkatkan kesadaran politik adalah penting karena pembuat kebijakan dan politisi adalah aktor kunci dalam proses kebijakan adaptasi. Peningkatan kesadaran membutuhkan strategi komunikasi yang efektif untuk mencapai hasil yang diinginkan. Kombinasi dari strategi komunikasi ini untuk audiens yang ditargetkan untuk periode tertentu dapat secara luas digambarkan sebagai ‘kampanye peningkatan kesadaran’. Tujuan kampanye peningkatan kesadaran paling sering berbeda di antara konteks tetapi umumnya mencakup peningkatan kepedulian, memberi informasi kepada audiens yang ditargetkan, menciptakan citra positif, dan upaya untuk mengubah perilaku mereka.