NgUPing #2- Belajar Photo Story Bersama Dwi Oblo

By 0
20
NgUPing #2- Belajar Photo Story Bersama Dwi Oblo

Halo Sobat BISA dimanapun berada. Ngobrol itu penting (NgUPing ) akan hadir kembali di tanggal 25 November 2019. NgUPing merupakan salahsatu program dari BISA Indonesia yang difokuskan untuk meningkatkan kesadaran dan kualitas masyarakat dalam berbagai bidang dengan menghadirkan pembicara/ narasumber yang ahli dibidangnya. Program ini merupakan ajang sharing, diskusi, atau lokakarya terbuka untuk masyarakat umum dan tanpa dipungut biaya. Kali ini NgUPing hadir dengan tema yang cukup menarik yaitu Photo Story dalam bentuk workshop.

Saat ini, pendidikan fotografi jurnalistik di Indonesia masih sangat terbatas. Indonesia masih butuh banyak sekali institusi pendidikan fotografi jurnalistik. Hal inilah yang memicu dilaksanakannya kegiatan workshop photo story. Harapannya adalah sebuah karya foto dapat “berdampak” bagi si penikmat foto. “Foto yang mampu menggugah orang, artinya fotonya sudah berhasil menghadirkan suasana dan perasaan yang terjadi di tempat kejadian ke hadapan penikmat foto tersebut sehingga ia bisa merasakan apa yang terjadi di sana. Lebih baik lagi kalau foto tersebut bisa mendorong orang untuk berbuat sesuatu yang positif terhadap obyek fotonya setelah ia melihat foto tersebut.” Ujar Dwi Oblo yang akan menjadi narasumber NgUPing kali ini.

Narasumber kegiatan ini Dwi Oblo atau lebih dikenal dengan Mas Oblo merupakan salah seorang senior fotografer (profesional) yang sudah kenyang pengalaman. Tergabung dalam Pewarta Foto Indonesia, fotografer kontributor di majalah “Reuters”, dan “National Geographic indonesia”. Mas Dwi Oblo juga beberapa kali menjadi kontributor foto dalam membantu projek organisasi besar, seperti UNESCO. Dalam kegiatan ini Mas Oblo ingin mengajak para fotografer Indonesia untuk lebih peka terhadap ide, konsep, dan kondisi-kondisi sosial sehingga fotonya bukan sekedar bagus secara teknis tapi juga bisa “menggugah” penikmat foto.

Cara Pendaftaran

Kunjungi IG BISA Indonesia (@bisa_ina) kemudian kirim Direct Message (DM ) dengan format nama-asal (exp: Syaihu-BISA Indonesia). Pesan yang terkirim akan dikonfirmasi oleh admin kemudian diumumkan di IG @bisa_ina tanggal 24 November 2019 pukul 12.00 WIB. Peserta akan diseleksi oleh tim BISA Indonesia.

Ketentuan Peserta

  • Terbuka untuk umum
  • Peserta terbatas
  • Peserta tidak dipungut biaya

Syarat Pendaftaran Peserta

  • Follow IG BISA Indonesia (@bisa_ina)
  • Wajib mengikuti seluruh sesi workshop (2x sesi pertemuan dan 1x sesi eksplorasi gambar)
  • Membawa alat pengambil gambar (kamera/ HP)
  • Pendaftaran ditutup tanggal 23 November 2019
  • Pertemuan pertama dilaksanakan tanggal 25 November 2019 di Kantor BISA Indonesia (Klik)
  • Pertemuan selanjutnya dilaksanakan berdasarkan musyawarah peserta workshop terpilih pada saat pertemuan pertama.
Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Your Name:*

Your Website

Your Comment