Wahyu (IDS) Sigit Gelar Pameran Seni Foto Bertajuk “DRAGONFLY: Pengetahuan & Citra”

By 0
23
Wahyu (IDS) Sigit Gelar Pameran Seni Foto Bertajuk “DRAGONFLY: Pengetahuan & Citra”

Pameran Seni Foto “DRAGONFLY: Pengetahuan & Citra”, karya Wahyu Sigit adalah kegiatan pameran seni foto yang akan menampilkan keragaman Capung yang ada di kawasan Nusantara. Sebagian masyarakat kita mungkin tidak banyak yang mengetahui kekayaan keragaman jenis Capung yang ada di negeri ini. Capung yang merupakan serangga terbang kehidupannya ada di sekitar kita tetapi sering disepelekan kehadirannya. Padahal Capung kecuali mempunyai kekayaan ragam jenis, juga mempunyai peran dan manfaat dalam ekosistem juga bermanfaat bagi manusia.

Niatan pameran seni foto “DRAGONFLY: Pengetahuan & Citra” ini digelar di hadapan masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya tidak lepas dari keinginan untuk memperkenalkan kekayaan ragam dan pengetahuan-pengetahuan yang dibawa oleh Capung. Materi yang disajikan kecuali foto-foto berbagai jenis Capung, juga hal-hal detail dan penting untuk diketahui masyarakat dari anatomi dan bebagai macam informasi dari Capung. Tentu saja pendekatan seni foto ini tidak saja mengenai tehnik fotografi, tetapi juga lebih mengedepankan gambaran-gambaran yang ada kaitannya dengan pengetahuan.

Pameran seni foto “DRAGONFLY: Pengetahuan & Citra” akan di kuratori oleh DR. Edial Rusli SE., M.Sn,pengajar di ISI Yogyakarta dan akan diselenggarakan di Bentara Budaya Yogyakarta, dengan mulai Pembukaan tanggal 30 November dan berlangsung sampai dengan 8 Desember 2019. Dalam acara pembukaan nanti akan di buka oleh Prof. DR. Damayanti Buchori, M.Sc seorang akademisi IPB, Entomolog dan Konservasionis dan diramaikan pertunjukan Wayang Serangga karya seniman Komunitas Lima Gunung, Sujono Keron yang akan menampilkan tokoh-tokoh Capung dalam penceritaannya. Selama rangkaian pameran akan diisi dengan berbagai acara persembahan dari lembaga-lembaga pendukung, salah satunya adalah BISA Indonesia yang akan mengisi acara pada hari Senin 2 Desember 2019 pukul 10.00 WIB. BISA Indonesia akan mengisi pengenalan ragam flora fauna Indonesia untuk anak-anak. Kegiatan akan diisi dengan materi yang interaktif untuk anak-anak, termasuk didalamnya berbagai permainan untuk anak.

Wahyu Sigit adalah seorang penggiat lingkungan yang konsentrasi kegiatannya adalah berusaha mengkonservasi keragaman Capung. Tidak saja mengenai data penelitian Capung tetapi juga yang berkaitan  pengetahuan Capung dengan perairan dan pertanian. Sekitar 80 – 90 karya foto Capung akan ditampilkan dalam pameran tersebut. Jumlah yang sedikit, dibandingkan dari koleksi foto Capung yang dipunyai Wahyu (IDS) Sigit .

Semoga pameran nanti benar-benar tidak saja mengenai seni fotografi tetapi juga mampu memberi informasi dan pengetahuan kepada masyarakat mengenai pengetahuan peran manfaat dari Capung dengan baik. Sehingga masyarakat menjadi lebih tergerak untuk ikut memberi ruang kehidupan Capung karena dengan mengenal lebih dalam mengenai Capung maka manusia banyak diuntungkan dari peran manfaat yang dibawa oleh Capung dalam gerak kehidupan ini.

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Your Name:*

Your Website

Your Comment