Masyarakat Bangsring Rehabilitasi Ekosistem Laut

By 0
15
Masyarakat Bangsring Rehabilitasi Ekosistem Laut

Masyarakat Bangsring bersama BISA Indonesia melakukan kegiatan sarasehan dan simbolis pelaksanaan program rehabilitasi laut Bangsring. Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam Program Peduli Lingkungan yang didukung penuh oleh Pertamina khususnya TBBM Tanjungwangi. Rehabilitasi ekosistem laut ini merupakan serangkaian kegiatan berkelanjutan dalam upaya memperbaiki dan melestarikan keragaman hayati laut Bangsring. Kegiatan ini dihadiri oleh berbagai dinas terkait seperti Dinas lingkungan hidup Provinsi Jawa Timur, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Banyuwangi, Camat Wongsorejo, Kepala Desa Bangsring, pengurus pokdarwis serta masyarakat dan nelayan desa Bangsring.

Dalam kegiatan ini Head Officer HSSE Pertamina Bapak Abdul Rahman menyampaikan komitmen PT Pertamina untuk ikut menjaga dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan konservasi sumber daya alam terutama di wilayah Banyuwangi dan sekitarnya. Bapak Sukirna selaku ketua POKDARWIS BUNDER juga menyatakan sangat senang dengan adanya kegiatan yang di lakukan oleh Pertamina bersama BISA Indonesia ini. Harapannya Kedepan akan lebih banyak lagi kegiatan yang dilakukan guna mendukung pengembangan wisata di Bangsring yang berbasis konservasi. Kegiatan rehabilitasi ekosistem laut ini ditandai dengan penandatanganan kerjasama antara PT Pertamina TBBM Tanjung Wangi bersama BISA Indonesia dengan Kelompok Sadar Wisata Rumah Apung Bangsring Under Water (BUNDER).

Pada tahun ini (2018-2019) kegiatan peduli lingkungan difokuskan pada kegiatan rehabilitasi karang dengan metode rockpile dan media stupa sebagai substrat. Kegiatan ini akan dimonitoring selama minimal satu tahun penuh untuk memastikan pertumbuhan karang berhasil dengan baik. Transplantasi karang di Bangsring merupakan upaya masyarakat untuk mengembalikan ekosistem laut yang dulu rusak akibat proses penangkapan ikan dan pengambilan karang yang tidak ramah lingkungan. Penggunaan Potasium dan bom untuk mendapatkan ikan dan karang menjadi hal yang dulu biasa dilakukan masyarakat Bangsring dan saaat ini sudah ditinggalkan. Kegiatan ini akan menjadi awal dari berbagai kegiatan yang sudah di rancang bersama oleh Pertamina dan BISA Indonesia serta Masyarakat Bangsring untuk meningkatkan kualitas perairan Bangsring dan sekitarnya. Selain kegiatan rehabilitasi, akan dilasanakan juga kegiatan peningkatan kapasitas mitra dampingan BISA Indonesia (kelompok pelestari bangsring) dalam mengelola kawasan perairan Bangsring. Sehingga dengan program ini diharapkan masyarakat bisa mandiri mengelola ekosistem laut, agar laut dapat lebih baik kualitasnya dan kemanfaatannya semakin besar untuk kesejahteraan masyarakat khususnya masyarakat Bangsring dan Banyuwangi.