Membangun Desa Wisata Ketapang Berbasis Masyarakat

By 0
19
Membangun Desa Wisata Ketapang Berbasis Masyarakat

Kabupaten Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang terletak diujung timur Pulau Jawa. Banyuwangi memiliki luas wilayah ±5.782 km2 yang menjadikan Banyuwangi sebagai kabupaten terluas di Provinsi Jawa Timur. Letak geografis Banyuwangi yang terletak diujung Provinsi Jawa Timur menjadikan Banyuwangi tempat persinggahan utama orang-orang yang hendak berpergian ke Pulau Dewata dengan menggunakan jalur darat lalu menyambung dengan kapal laut. Begitu pula para wisatawan yang akan berkunjung ke Pulau Bali melalui jalur darat akan terlebih dahulu menaiki kapal dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi yang terletak di Desa ketapang.

Desa Ketapang merupakan salah satu desa di Kabupaten Banyuwangi yang memiliki luas wilayah ±23,72 km2, dengan pesisir pantai yang difungsikan menjadi pelabuhan dan kawasan industri. Salah satu Perusahaan yang berdiri di Desa Ketapang yaitu PT. Pertamina (Persero) Teminal BBM Tanjung Wangi Banyuwangi. Sebagian lain wilayah Desa Ketapang merupakan kawasan hutan dengan bukit karst di bagian barat wilayah desa. Wilayah ini mempunyai potensi untuk dikembangkan menjadi tujuan wisata yang cukup menarik. Sebagai bentuk Komitmen terhadap lingkungan dan masyarakat, mulai tahun 2019 PT. Pertamina (Persero) Teminal BBM Tanjung Wangi Banyuwangi berkomitmen membantu kegiatan pengembangan Wisata Desa Ketapang bekerjasama dengan BISA Indonesia dan Java Nira.

BISA Indonesia dan Javanira memulai kegiatan pendampingan pengembangan wisata bersama masyarakat Ketapang pada bulan Agustus 2019 dan direncanakan akan akan berjalan selama dua atau tiga tahun berikutnya. Pendekatan Community Based Tourism akan diterapkan dalam pelaksanaan pendampingan di Desa Ketapang. Community Based Tourism dinilai sebagai salah satu bentuk pariwisata yang dapat menyentuh langsung kehidupan masyarakat sekitar. Pengembangan Community Based Tourism sesuai dengan metode pengembangan masyarakat yang bertujuan melibatkan masyarakat lokal dalam upaya memenuhi kebutuhan dan menyelesaikan masalah yang dihadapi dengan menggunakan sumberdaya yang dimilikinya.

Kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan dalam pengembangan wisata di Desa Ketapang ini diantaranya adalah melakukan studi dan survey potensi wisata yang ada di Desa Ketapang, sosialisasi kepada masyarakat dan pemerintah desa, peningkatan kapasitas masyarakat mengenai wisata yang berkelanjutan, pelibatan masyarakat secara aktif dalam perencanaan pengembangan wisata desa, dan pendampingan rutin ditingkat tapak untuk mendapatkan informasi kunci mengenai kondisi  Desa Ketapang.